Rabu, 16 Maret 2022

3.1.a.10.Aksi Nyata - Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran


 PERISTIWA

     Pengambilan keputusan menjadi salah satu bagian tak terpisahkan  dari SDN 07 Bilah hulu. Dan kenyataannya  masih ada guru yang belum memahami perbedaan bujukan moral dan dilema etika.Selain itu masih banyak juga yang belum memahami tentang langkah- langkah tepat pengambilan keputusan.Dan tidak jarang keputusan yang diambil belum tepat. Oleh karena itu , memerlukan upaya untuk meningkatkan pemahaman warga sekolah terkait pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Dari kondisi tersebut , saya pun berusaha menyusun langkah- langkah  strategis . Langkah- langkah tersebut tertuang dalam rancangan tindakan aksi nyata.

Pertama, koordinasi dengan kepala sekolah . Saya melakukan untuk mendapatkan dukungan dalam pelaksanaan nya. Hasil dari aksi nyata tersebut adalah adanya dukungan dari kepala sekolah untuk melaksanakan rangkaian aksi nyata Pengambilan Keputusan.







Kedua, mensosialisasikan dan menyusun rencana aksi nyata

Ketiga, melakukan  analisis kasus terkini disekolah .Langkah ini untuk menguatkan pemahaman tentang pengambilan keputusan . Hasil dari aksi ini adalah tersusunnya analisis kasus yang terjadi di sekolah.
Keempat, melakukan pertemuan evaluasi .Saya melakukan ini pada akhir kegiatan.Kegiatannya  berupa pertemuan dengan menggunakan lembar evaluasi. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana penerapan pengambilan keputusan oleh sejawat. Termasuk didalamnya kendala yang dihadapi.Hasil kegiatan ini adalah terpetakan nya keberhasilan dari kendala yang ada.

PERASAAN

Setelah melakukan aksi nyata ini, saya merasa lebih lega dan bahagia  sekaligus tertantang menjaga dan meningkatkan pemahaman diri dan rekan sejawat terkait pengambilan keputusan.

PEMBELAJARAN

Banyak Pembelajaran baru dalam perubahan yang telah dilakukan . Pembelajaran tersebut terkait dengan diri sendiri maupun orang lain. Salah satu pembelajaran bagi diri sendiri yaitu awal baik sebuah  perubahan adalah kolaborasi. Dari kolaborasi ada pembelajaran tentang menyamakan persepsi dan menyusun langkah perubahan . Pembelajaran lainnya , yaitu terkait kendala dari rencana yang disusun . Kendala ada membuat rencana alternatif dalam implementasi aksi nyata.

PERUBAHAN

Perubahan nyata dalam diri adanya tekat menguatkan kolaborasi sebagai bentuk dukungan dari dan terhadap rekan sejawat. Hal ini penting kaitannya dengan implementasi aksi perubahan kedepannya. Selain itu, rasa optimis yang meningkat terutama terkait kompetensi diri dalam pengambilan keputusan. Hal ini akan  berpengaruh  nyata terhadap keputusan yang diambil kedepannya terkait peran sebagai pemimpin pembelajaran. Perubahan lainnya, yaitu semakin meningkatnya komitmen diri untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik lagi.




2 komentar:

PGP- Angkatan 3 - Kabupaten LabuhanBatu - Juhaini Nasution,S.Pd- 3.3.a.10.Aksi Nyata

GELIS( GERAKAN LITERASI SEKOLAH)                    Oleh CGP Angkatan 3                   JUHAINI NASUTION,S.Pd                         SDN ...