Senin, 04 April 2022

PGP- Angkatan 3 - Kabupaten LabuhanBatu - Juhaini Nasution,S.Pd- 3.3.a.10.Aksi Nyata

GELIS( GERAKAN LITERASI SEKOLAH)

                   Oleh CGP Angkatan 3

                  JUHAINI NASUTION,S.Pd

                        SDN 07 Bilah hulu

 https://youtu.be/37Wk2kaUdW4


A. PERISTIWA ( FACT)

Rendahnya minat baca pada peserta didik SDN 07 Bilah hulu membawa dampak pada kegiatan pembelajaran. Banyak faktor yang mendorong hal ini terjadi. Budaya membaca semakin menurun oleh kehadiran smartphone Android. Siswa lebih tertarik membaca potongan - potongan tulisan dan menonton Vidio yang ada di sosial media. Ini menunjukkan minat baca ada, namun daya baca rendah. Sehingga hal ini mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Siswa menjadi kurang aktif dan kurang percaya diri dalam memberikan pendapat karena kurangnya wawasan yang dimiliki. Sehingga tidak berani tampil didepan untuk memberikan pendapat.


Program literasi adalah merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Sebagian proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi, kemampuan literasi meliputi seluruh keterampilan berbahasa yaitu menyimak berbicara, membaca, dan menulis sehingga dalam program literasi membaca ini sesuai dengan salah satu karakteristik dari 7 lingkungan yang menumbuh kembangkan kepemimpinan murid yaitu lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik dan non akademik.


Yang dilakukan pada Aksi Nyata berikut adalah mengapa melaksanakan Aksi Nyata?

Aksi nyata Pengelolaan program yang berdampak pada murid dimaksudkan untuk mewujudkan kepemimpinan murid, program ini dilakukan dengan harapan siswa-siswi bisa menumbuhkan sikap berani dalam dirinya, berani tampil dan mengekspresikan dirinya dan bisa mengembangkan potensi atau bakat yang dimilikinya.


Aksi nyata ini dilakukan untuk mewujudkan langkah Pengelolaan program yang berdampak pada murid dengan berbasis pemetaan aset sekolah menggunakan model BAGJA yang dilakukan guna memastikan sebuah program yang berdampak pada murid. Sehingga menjadi langkah konkret keterlibatan sebagai pemimpin dalam pengembangan sekolah. Selain itu alasan utama dibalik program ini adalah pada terwujudnya wellbeing siswa dan perkembangan siswa secara holistik, siswa yang bahagia, dan juga memiliki pribadi yang unggul, berbudaya serta memiliki karakter profil pelajar Pancasila.


Tujuan utama melaksanakan Aksi Nyata adalah sebagai berikut:

1. Membangun kesadaran siswa atas pentingnya membaca untuk mendukung pembelajaran yang efektif.

2. Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa.

3.Menumbuhkan jiwa kepemimpinan siswa.

4. Menjadikan kegiatan literasi sebagai budaya positif di sekolah.

5.Melatih kemandirian siswa dalam memecahkan masalah.

6. Menumbuhkan Budi pekerti dan kepribadian yang baik kepada siswa.



Dengan terlaksananya program ini, maka program ini pada dasarnya dirancang untuk menjadi wadah berkreasi dan berinovasi bagi siswa-siswi, menumbuhkan keberanian untuk tampil dan juga mengedukasi siswa akan pentingnya budaya literasi. Siswa- siswi perlu diperkenalkan betapa pentingnya kegiatan literasi yang dilakukan sehingga sebagai generasi muda penerus bangsa akan tetap menjunjung tinggi budaya dan juga mampu melestarikan budaya membaca. Diperlukan sebuah pembiasaan yang menjadi sebuah budaya. Dengan pelaksanaan kegiatan yang rutin dan berkelanjutan dari program ini maka dampak pada murid dalam hal meningkatkan minat dan bakat serta jiwa kepemimpinan dan juga kepedulian akan literasi juga akan membuahkan hasil.

Hasil aksi nyata di SDN 07 Bilah hulu ini menunjukkan bahwa ada perkembangan dari waktu ke waktu mulai dari hanya 15 menit sebelum memulai proses belajar mengajar yang diawasi oleh wali kelas sehingga menjadi budaya bagi murid- murid ketika jam literasi sudah dimulai maka dengan sendirinya melakukan aktivitas tersebut.Satu hal yang membuat saya bangga sebagai guru, peserta didik saya mampu meningkatkan pengetahuan, menambah wawasan, mempertajam diri dalam menangkap suatu informasi dari sebuah bacaan. Salah satu aksi nyatanya yaitu memiliki jiwa kepemimpinan karena dengan keberanian yang penuh mampu menciptakan seorang pemimpin yang mampu berdiri di depan dengan menceritakan isi dari apa yang mereka baca.


Sosialisasi dengan kepala sekolah

Sosialisasi dengan orang tua murid.




B. PERASAAN

Perasaan saat merencanakan aksi program yang berdampak pada murid ini adalah merasa tertantang karena program yang berdampak pada murid itu harus menekankan pada aspek dampak langsung pada diri siswa. Misalnya kepedulian, kepemimpinan, kemampuan literasi, kedisiplinan dan aspek lainnya yang bisa menjadi bekal siswa untuk kehidupan baik sebagai individu maupun anggota masyarakat.

Perasaan saat program ini terlaksana adalah perasaan bahagia dan optimis dengan pencapaian program yang sudah berjalan.Berjalannya program ini tidak terlepas dari kolaborasi semua pemangku kepentingan, terutama siswa yang sangat antusias terlibat dalam program literasi, wali kelas mengkoordinir kegiatan.Saya pun bertambah antusias dan bersemangat dengan respon yang sangat baik dari murid dan juga seluruh pemangku kepentingan di sekolah.Dengan respon yang baik dari warga sekolah terutama murid, membuat saya ingin terus terlibat dalam pengelolaan program ini agar lebih baik lagi kedepannya dan dengan harapan bisa terus berkelanjutan.

C. PEMBELAJARAN ( FINDING)

Pembelajaran yang didapatkan dari aksi nyata adalah terwujudnya karakter siswa yang memiliki pengetahuan dari sumber- sumber informasi yang diperoleh dan menjadi siswa yang berani tampil dan mengekspresikan bakat maupun potensinya pada akhirnya, besar harapan bahwa program ini akan bisa mewujudkan siswa yang berani, berbakat, dan berbudaya dan juga mewujudkan profil pelajar Pancasila.Dari aksi nyata ini saya mendapatkan banyak pelajaran penting, yaitu bagaimana menyusun dan mengelola sebuah program yang berdampak pada murid dengan pemetaan aset, model BAGJA.Selain itu saya menyadari pentingnya kolaborasi semua pemangku kepentingan untuk mensukseskan program ini. Saya juga belajar bahwa peran guru tidak terbatas pada pembelajaran di kelas, namun harus peduli dan ikut terlibat dalam mengelola program yang berdampak pada murid. Karena sejatinya orientasi pendidikan adalah untuk murid murid dan murid. Sehingga program yang berdampak pada murid haruslah mengikuti prinsip dari murid, oleh murid dan untuk murid.

D. PENERAPAN KEDEPAN( FUTURE)

Rencana perbaikan kedepan yaitu mengaktifkan kembali intrakurikuler untuk memberikan bimbingan dan menjadi wadah pengembangan minat dan bakat anak. Selain itu kedepannya perlu pemberian apresiasi berupa reward kepada siswa yang memiliki prestasi di bidang akademik sebagai bentuk dukungan untuk menambah semangat anak menampilkan kreativitas dalam melakukan literasi. Selain itu perlu meningkatkan kolaborasi guru, siswa dalam hal kegiatan literasi. Siswa yang akan melakukan kegiatan literasi butuh pendampingan dan pembimbingan siswa dan guru kelas pada saat melakukan kegiatan literasi, agar program dapat berjalan sesuai yang kita inginkan bersama.

REFLEKSI DAN EVALUASI

Program ini dapat berjalan dengan baik apabila:
1. Disosialisasikan dengan seluruh warga sekolah terutama kepala sekolah, guru, siswa.
2. Siswa diminta membaca buku 15 menit sebelum pembelajaran dimulai.
3. Berkolaborasi dengan orang tua dalam memantau perkembangan literasi anak.
4. Siswa dan masyarakat dapat menyumbangkan buku keperpustakaan sekolah.
Agar program literasi ini berjalan dengan baik, maka perlu evaluasi secara berkala setiap bulan nya  Evaluasi juga secara rutin dilakukan dengan meminta feedback siswa, dan pemangku kepentingan lainnya. Evaluasi dilakukan oleh kepala sekolah, dewan guru untuk memastikan program atau kegiatan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.






Murid berani tampil kedepan menceritakan makna dari buku yang mereka baca.

 Murid menempekan posts it tentang makna yang mereka baca.

Pemberian sumbangan buku dari orang tua murid , yang diwakilkan oleh murid.

Siswa membaca buku 15 menit sebelum pelajaran dimulai.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PGP- Angkatan 3 - Kabupaten LabuhanBatu - Juhaini Nasution,S.Pd- 3.3.a.10.Aksi Nyata

GELIS( GERAKAN LITERASI SEKOLAH)                    Oleh CGP Angkatan 3                   JUHAINI NASUTION,S.Pd                         SDN ...