Menurut saya , maksud dari kutipan " Pendidikan adalah sebuah seni untuk membuat manusia menjadi berprilaku etis" adalah Pendidikan Secara umum bertujuan membantu manusia menemukan akan hakikat kemanusiaannya.Maksudnya , pendidikan harus mampu mewujudkan manusia seutuhnya.Pendidikan berfungsi melakukan proses penyadaran terhadap manusia untuk mampu mengenal , mengerti dan memahami realitas kehidupan yang ada disekelilingnya hingga dapat berprilaku sesuai realitas kehidupan.Dengan adanya pendidikan diharapkan manusia mampu menyadari potensi yang ia miliki.Potensi - potensi yang diperoleh dari pendidikan mengantarkan manusia untuk berpikir dalam pengambilan tindakan sesuai keadaan.
Dari tujuh buah soal, saya memutuskan untuk memilih 4 soal berikut ini pada sesi refleksi.
Soal 1:
Bagaimana / sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep- konsep yang telah Anda pelajari dimodul ini, yaitu: dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan,3 prinsip pengambilan keputusan dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.Adakah hal- hal yang menurut Anda diluar dugaan?
Jawaban:
Pemahaman saya tentang Dilema etika adalah situasi yang terjadi ketika seseorang harus memilih antara dua pilihan secara moral benar tetapi bertentangan.Sedangkan bujukan moral adalah situasi yang terjadi ketika seseorang harus membuat keputusan antara benar atau salah. Ketika kita menghadapi situasi dilema etika , akan ada nilai - nilai kebajikan yang mendasari yang bertentangan seperti cinta dan kasih sayang , kebenaran keadilan, dan kebebasan, persatuan, toleransi tanggung jawab dan penghargaan akan hidup yang disebut sebagai paradigma dalam pengambilan keputusan.Secara umum paradigma yang terjadi pada situasi dilema etika ada 4, seperti dibawah ini:
1. Individu lawan masyarakat ( individual vs vommunity)
2.Rasa keadilan lawan rasa kasihan ( justice vs mercy)
3.Kebenaran lawan kesetiaan ( truth vs loyalty.)
4.Jangka pendek lawan jangka panjang ( short term vs long term)
Prinsip pengambilan keputusan ada 3 yaitu:
#. Berpikir berbasis Hasil Akhir ( Ends - Based Thinking) ditentukan dengan konsekuensi atau hasil dari suatu tindakan.
#.Berpikir Berbasis Peraturan ( Rule- Based Thinking) menentukan keputusan berdasarkan peraturan yang telah dibuat.
# . Berpikir berbasis rasa peduli ( Care- Based Thinking) prinsipnya " lakukan kepada orang lain seperti yang anda".
9 langkah pengujian dan pengambilan keputusan
1.Mengenali bahw ada nilai- nilai yang saling bertentangan dalam situasi ini.
2. Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini.
3.Kumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini.
4.Pengujisn benar atau salah, yang meliputi uji legal, uji regulasi, uji intuisi, uji halaman depan koran, uji panutan/ idola.
5.Pengujian paradigma benar lawan benar.
6.Melakukan prinsip resolusi.
7.Investigasi opsi Trilemma.
8.Buat keputusan.
9.Lihat lagi keputusan dan refleksikan.
Hal- hal yang menurut saya diluar dugaan adalah keputusan tersebut diambil dari sudut pandang siapa akan berbeda dalam setiap kasusnya.
Soal 2:
Sebelum mempelajari modul ini, pernahkah Anda menerapkan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran dalam situasi moral dilema? Kalau pernah , apa bedanya dengan apa yang Anda pelajari dimodul ini?
Jawaban:
Sebelum mempelajari modul ini seringkali saya sebagai guru mengalami dilema terhadap berbagai situasi Sulit di sekolah.Saya sudah mengambil keputusan yang kiranya efektif dan baik bagi saya selaku orang yang mengalami dilema dan baik bagi orang lain yang terkait dengan situasi yang saya alami.Namun dengan mempelajari modul ini saya menjadi tahu bahwa terdapat 9 langkah untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam pengujian dan pengambilan keputusan yang harus saya pikirkan matang-matang dan temukan jawabannya dari situasi saya. 9 langkah pengujian dan pengambilan keputusan:
1.Mengenali bahwa ada nilai- nilai yang saling bertentangan dalam situasi ini.
2.Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini.
3.Kumpulkan fakta- fakta yang relevan dengan situasi ini.
4.Pengujian benar atau salah, yang meliputi uji legal, uji regulasi, uji intuisi, uji halaman depan koran, uji panutan/ idola.
5.Pengujian paradigma benar lawan benar.
6.Melakukan prinsip resolusi.
7.Investigasi opsi Trilemma.
8.Buat keputusan.
9.Lihat lagi keputusan dan refleksikan.
Soal 3:
Bagaimana dampak mempelajari materi ini buat Anda, perubahan apa yang terjadi pada cara Anda dalam mengambil keputusan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran modul ini?
Jawaban:
Sebelumnya saya kurang memperhitungkan paradigma apa yang terjadi dalam dilema saya, setelah saya belajar modul ini dampak nya saya menyadari apa pentingnya mengidentifikasi paradigma ini bukan hanya mengelompokkan permasalahan namun membawa penajaman pada fokus kenyataan bahwa situasi ini betul- betul mempertentangkan antara dua nilai- nilai inti kebajikan yang sama- sama penting bagi saya.Perubahan yang terjadi pada cara saya mengambil keputusan adalah mengenali terlebih dahulu apa masalah nya? Masalah siapa ini? Paradigma apa yang terjadi dalam situasi ini? Sebelum mengambil keputusan saya berpikir menggunakan 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan keputusan.
Soal 4:
Seberapa penting guru, merupakan pemimpin pembelajaran bagi murid dan bagian dari stakeholder di sekolah.Akan banyak situasi di sekolah yang akan terselesaikan dengan efektif setelah mengetahui dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan,3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.Keberhasilan seorang pemimpin dalam mengemban salah satu tugas tersulit, yaitu mengambil suatu keputusan yang efektif.Keputusan - keputusan ini secara langsung atau tidak langsung bisa menentukan arah dan tujuan institusi atau lembaga tempat saya menjalankan tugas keprofesian saya.
Salam Guru Penggerak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar