Minggu, 07 November 2021

1.4 .Aksi Nyata- Budaya positif

https://youtu.be/sLH2bpl3UeU 



 




                                                       OLEH CGP ANGKATAN 3

                                                       JUHAINI NASUTION,S.Pd 


                                          SDN 07 BILAH HULU LABUHANBATU


                                           FASILITATOR SUGIYANTO,S.Pd,M.Pd 


                             PENGAJAR PRAKTEK: HOTDIANA NABABAN,M.Pd


A. LATAR BELAKANG


    Keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh seorang guru saja, namun harus ada sinergitas dari seluruh warga sekolah untuk tercaainya sebuah visi sekolah .Dalam hal ini sekolah merupakan institusi yang berperan penting dalam pembentukan karakter siswa sebagaimana tujuan pendidikan, yakni mewujudkan pelajar indonesia yang memiliki profil pelajar pancasila.Dengan demikian guru berperan penting menuntun siswa dalam pembentukan karakter melalui penerapan budaya positif di sekolah.


B.TUJUAN DARI AKSI NYATA ,adalah


1.Menerapkan budaya positif pada seluruh warga sekolah.


2.Membuat kesepakatan tentang keyakinan kelas


3.Penggunaan posisi kontrol yang sesuaidengan meniadakan hukuman.


4.Penerapan segitiga restitusi berdasarkan keyakinan kelas


C.TOLOK UKUR KEBERHASILAN


     Guru sebagai penuntun murid dalam penerapan budaya positif,sebaiknya memiliki rambu-rambu yang jelas dalam menentukan keberhasilan dan ketercapaian dalam pelaksanaan budaya positif di sekolah. Salah satu tolok ukur keberhasilan atau ketercapaian dalam pelaksanaan budaya positif ini adalah jika budaya positif yang ingin diterapkan ini sudah bisa menjadi sebuah pembiasaan baik.


LINIMASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN


1.Melakukan perencanaan


2.Mengkomunikasikan perencanaan kepada kepala sekolah.


3. Mensosialisasikan budaya positif kepada teman sejawat.


4.Membuat kesepakatan kelas tentang budaya positif di sekolah.


5. Mengadakan evaluasi tentang ketercapaian kesepakatan kelas.


DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN


Adapun dukungan yang dibutuhkan adalah:


1.Kepala sekolah sebagai penanggung jawab semua kegiatan 


2.Rekan sejawat sebagai teman untuk berkolaborasi


3.Siswa sebagai pendukung kegiatan aksi nyata.


4.Wali murid sebagai motivator bagi putra putrinya.


5.Sarana prasarana sekolah


DESKRIPSI AKSI NYATA 


#Setelah melakukan sosialisasi kepada rekan guru,selanjutnya yang saya lakukan adalah melapor kepada kepala sekolah sebagai fasilitator agar dapat melakukan peran dan aksi nyata sebagai CGP untuk melakukan aksi nyata.


# Saya mulai melakukan aksi di kelas dengan memperkenalkan budaya positif kepada siswa .Dimulai dengan selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar, sopan santun kepada guru , menghargai teman dan mematuhi tata tertib sekolah.


# Kemudian secara bersama-sama membuat kesepakatan kelas untuk dijadikan keyakinan kelas yang harus ditaati oleh seluruh warga kelas.


# Bertukar informasi dengan rekan sejawat dalam rangka mengidentifikasi otensi siswa dan berkolaborasi dalam menumbuh kembangkan karakter siswa.


#Membuat indikator ketercapaian untuk mengetahui progres yang dilakukan serta melakukan refleksi bersama rekan sejawat dan siswa terlibat dalam aksi nyata.








Rencana perbaikan


# Lebih terbuka dengan rekan guru dalam berbagi informasi dan praktisi yang telah dilakukan dalam rangka mewujudkan visi sekolah dan budaya positif di SDN 07 BILAH HULU


# Menumbuhkan budaya positif agar menjadi pembiasaan di SDN 07 BILAH HULU




Hasil dari Aksi nyata


Respon peserta didik positif, mereka senang dan apresiatif, bersemangat melakukan perubahan dikelas, menyepakati kesepakatan kelas, dan berniat ikhlas dan disiplin untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Dokumentasi









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PGP- Angkatan 3 - Kabupaten LabuhanBatu - Juhaini Nasution,S.Pd- 3.3.a.10.Aksi Nyata

GELIS( GERAKAN LITERASI SEKOLAH)                    Oleh CGP Angkatan 3                   JUHAINI NASUTION,S.Pd                         SDN ...